Categories: Otomotif

6 Faktor Mobil Keluarga Memiliki Harga Jual yang Stabil

Faktor Mobil Keluarga Harga Jual Stabil

Banyak mobil keluarga terbaik yang terpajang di luar sana. Namun tidak semuanya memiliki harga jual kembali yang stabil.Rata-rata langsung turun.Padahal belum lama pakai.Tiap kali lewat satu tahun, penyusutan minimal 10% dari harga beli umumnya berlaku untuk berbagai mobil.Akan tetapi, ada faktor tertentu yang bikin harga jual cenderung stabil.

1. Popularitas Brand

Image dari suatu merek memiliki dampak yang besar terhadap stabilitas harga suatu barang.Tidak terkecuali untuk produk seperti mobil.Semakin terkenal suatu brand, maka tercipta suatu kondisi yang memungkinkan suatu barang jadi tampak eksklusif.Seolah terpisah dari barang kebanyakan karena menjadi barang “khusus”.

Popularitas suatu merek dipicu oleh beberapa hal.Pertama, adanya peningkatan nilai tambah atau added value yang diberikan produsen kepada konsumen.Misalnya pada bagian interior dipasangi audio dengan kualitas dentum melebihi rata-rata dan berjumlah 8.Apa pun itu, asalkan nilai tambah yang diberikan sangat diminati calon pembeli.

Kedua, akibat masifnya pemberitaan dari berbagai medium.Mulai dari blog, televisi, brosur, liputan khusus di media mainstream, dan sebagainya.Tak heran jika banyak brand terkenal seperti Toyota begitu semangat mengkampanyekan keunggulan produk-produknya seluas mungkin.Alhasil, harga per unit mobil keluaran Toyota cenderung stabil saat dijual kembali.

2. Memiliki Tingkat Permintaan yang Tinggi

Faktor kedua ini ada kaitannya dengan faktor pertama.Bisa dibilang sebagai sekuelnya.Ketika suatu brand meningkatkan nilainya, secara otomatis permintaan pasaran pun naik drastis.Minimal tingkat awareness atau kesadaran terhadap suatu merek naik drastis.Inilah yang dilakukan oleh brand-brand besar di Indonesia.

Berhubung permintaan naik drastis, maka harga mobil cenderung stabil. Katakanlah 2 tahun setelah beli, apabila kualitas masih oke plus brand image masih besar, harganya pun tidak jatuh-jatuh amat. Untuk itu, sebelum membeli mobil, pastikan Anda memilih brand yang tepat.Soalnya harga beli mobil baru cenderung agak mahal karena rata-rata di atas 100 juta Rupiah.

3. Faktor Kelangkaan

Faktor ketiga ini juga memungkinkan suatu barang memiliki nilai atau harga yang stabil.Ketika terjadi kelangkaan dan dibarengi dengan penawaran yang tinggi, maka prospek pembeli pun ikut naik.Sayangnya, barang yang diinginkan jumlahnya sangat terbatas.Tapi untuk kasus mobil keluarga rasa-rasanya jarang mengalami hal ini.

Meskipun berstatus sebagai mobil keluarga terbaik, berhubung banyak yang memproduksi, maka faktor kelangkaan jadi sulit terealisasi.Alih-alih dijual dalam jumlah terbatas, justru yang ada hanyalah persaingan harga.Kalau tidak beruntung, bisa terjadi perang harga antar produsen mobil keluarga.Hal ini sangat dihindari oleh brand besar seperti Toyota.

4. Dipopulerkan oleh Publik Figur

Faktor keempat ini juga ada kaitannya dengan brand image.Hanya saja, kita fokuskan pada alasan kenapa suatu brand bisa begitu mencuat.Saat ini, kita tengah berada di eranya media sosial. Banyak brand besar yang memanfaatkan celah tersebut untuk menciptakan diferensiasi “letak” promosi. Salah satunya dengan memanfaatkan sosok publik figur.

Sosok publik figur tidak sebatas artis atau musisi terkenal.Saat ini Anda pasti sudah kenal sosok selebgram, youtuber, dan blogger.Mereka lebih dikenal sebagai influencer-nya anak zaman sekarang.Lewat merekalah suatu brand bisa meningkatkan awareness di antara calon pembelinya.Biarpun hanya sekali atau dua kali posting, efeknyabegitu terasa.

5. Adanya Pandangan Berlebihan terhadap Suatu Merek

Pandangan yang berlebih-lebihan terhadap sesuatu juga turut berpengaruh terhadap harga mobil.Biasanya pandangan ini datang dari para pakar otomotif saat mengulas suatu produk.Baik produk lama ataupun saat rilis.Di tengah derasnya arus media, tentu tidak hanya para pakar yang mengutarakan pendapat mereka.Pandangan serupa bisa datang dari pengguna media sekalipun.

6. Suatu Brand yang Berhasil Melahirkan Banyak Komunitas

Suatu brand yang gencar melakukan aktivitas marketing rupanya berbuah manis. Salah satunya bisa melahirkan banyak komunitas pecinta mobil dengan merek tertentu.Sadar atau tidak, berkat kehadiran merekalah suatu harga mobil bisa sangat stabil.Apalagi kalau sampai rajin menerapkan agenda kegiatan rutin di masing-masing komunitas.

Mobil keluarga terbaik itu bukan hanya bagus di luar, tetapi memiliki harga jual yang cenderung stabil.Salah satu yang memenuhi kriteria ini adalah Toyota AvanzaVeloz.Sudah bertahun-tahun, setiap unit yang terbeli, begitu dijual kembali harganya tidak terjun bebas.Sebab, versi bekasnyamasih bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan penting.

onlineplus

Recent Posts

  • Otomotif

Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor - Sebutan asuransi kendaraan bermotor mulai menggema seturut dengan terus menjadi meningginya jumlah alat transportasi serta…

1 week ago
  • Otomotif
  • Rent Car Bandung

Rent Car Bandung And Driver

Rent Car Bandung - Mobil rental atau sering di sebut Rent Car, sebenarnya bukan hal yang sulit lagi untuk dijumpai…

3 weeks ago
  • Kuliner

Inilah Rekomendasi Nasi Tumpeng Enak di Jakarta

Simak rekomendasi nasi tumpeng enak di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan di Jakarta Barat yang terkenal…

3 weeks ago
  • Kesehatan

5 Cara Efektif Membujuk Anak Balita agar Mau Minum Susu Pertumbuhan

Cara Efektif Membujuk Anak Minum Susu Pertumbuhan - Maunya sih semua anak doyan minum susu pertumbuhan ketika berusia 3-5 tahun atau balita.…

4 weeks ago
  • Otomotif

5 Tahap Beli Motor Idaman lewat Dealer Motor Yamaha

Tidak semua dealer motor itu bagus. Terutama yang bukan resmi atau bertindak sebagai agen dari suatu brand. Itu masalahnya. Untung…

4 weeks ago
  • Elektronik

Bingung Cari Dimana Yang Jual Emoney Custom? Ini Dia Jawabannya

Jual Emoney Custom - Bagi anda yang tertarik untuk mencari tempat Jual emoney custom super menarik atau kartu money untuk transaksi…

2 months ago