Pentingkah Penggunaan Rapid Test untuk Mendeteksi Gejala Corona? Berikut Penjelasannya!

Rapid Test Corona Virus

Rapid Test Corona Virus

Corona saat ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sedang menjangkit banyak sekali negara yang ada di belahan bumi. Italia dan Amerika Serikat adalah salah satu dari sekian banyak negara yang kondisinya bisa dikatakan paling parah karena korban yang meninggal setiap harinya selalu mengalami kenaikan yang sangat signifikan dan jumlahnya juga tidak sedikit. Tidak hanya jumlah korban meninggal saja yang mengalami banyak peningkatan, akan tetapi ternyata jumlah korban yang positif Covid -19 jumlahnya juga sangat banyak. Gejala Corona awalnya memang sangat mirip dengan penyakit flu biasa.

Penggunaan rapid test memang dinilai lebih cepat untuk mengetahui hasil penularan Covid -19 dan mencegah penyebaran Covid -19 menjadi semakin luas. Presiden Indonesia, Joko Widodo kembali menjelaskan bahwa bila dibandingkan dengan menerapkan sistem lockdown, tes masal dengan menggunakan rapid test adalah pilihan yang paling tepat dan dipilih oleh Jokowi. Dengan menggunakan rapid test tersebut jadi akan sangat mudah untuk mendeteksi pasien yang positif terjangkit virus tersebut. Bila melihat jumlah pasien yang selalu mengalami peningkatan setiap harinya, dari beberapa pihak sudah mendesak pemerintah untuk melakukan segala cara bagaimana langkah yang tepat supaya wabah ini tidak semakin luas dan rakyat bisa hidup tenang kembali.

Penggunaan Rapid Test untuk Mendeteksi Gejala Corona

Lantas dengan melihat fungsinya seperti di atas, lalu apakah benar bahwa rapid test memiliki peranan dan keberadaannya sangat penting dengan kondisi Indonesia seperti sekarang ini. Menurut penelitian dari beberapa dokter yang berasal dari salah satu Universitas di Indonesia, sudah menjelaskan bahwa rapid test atau tindakan tes dan trace sebenarnya memang memiliki peranan yang sangat penting yang nantinya bisa digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas di Indonesia.

Penggunaan alat rapid test ini dinilai bisa bekerja sangat maksimal apabila tindakan tes dan juga trace dilakukan lebih awal terhadap orang-orang yang dalam pemantauan (ODP) dan bisa juga dilakukan pada mereka yang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP). Keduanya antara ODP dan PDP harus benar-benar mendapat perhatian khusus karena keduanya memiliki resiko sebagai orang yang akan menularkan virus tersebut pada orang lain bila mereka sengaja melakukan interaksi dengan orang lain bila memang pada kenyataannya mereka baik ODP atau PDP benar terinfeksi Covid -19.

Akan tetapi pada dasarnya, penggunaan rapid test atau kebijakan apapun yang telah dipilih oleh pemerintah Indonesia untuk menangani penyebaran Covid -19 di Indonesia harus mendapat dukungan penuh dari rakyat Indonesia. Antara keduanya yakni baik rakyat ataupun pemerintah tidak seharusnya mereka bekerja sendiri-sendiri. Wabah ini merupakan salah satu penyakit yang cukup serius. Karena dengan adanya wabah ini, segala sektor akan terkena dampaknya. Dan yang paling kentara adalah sektor ekonomi Indonesia yang bisa saja akan kacau bila sampai pemerintah mengambil langkah yang salah.

Gejala Corona yang hampir mirip dengan penyakit flu biasa memang perlu mendapatkan perhatian yang serius. Menjadi salah satu pandemi yang mana tidak akan pernah ada manusia yang paham dan tahu kapan virus ini akan berakhir. Oleh karena itu, hidup sebagai rakyat sipil atau bagi mereka yang duduk di pemerintahan sebagai wakil rakyat harus bekerja sama dengan baik jangan sampai ada salah langkah yang nantinya malah akan membuat kondisi Indonesia menjadi kacau. Maka dari itu, untuk meminimalisir penyebaran Covid -19 tersebut taati semua yang diperintahkan oleh pemerintah, hindari kerumunan dan lakukan social distancing.

Loading...

Recommended For You