Categories: Kesehatan

5 Cara Efektif Membujuk Anak Balita agar Mau Minum Susu Pertumbuhan

Cara Efektif Membujuk Anak Balita agar Mau Minum Susu Pertumbuhan

Cara Efektif Membujuk Anak Minum Susu Pertumbuhan – Maunya sih semua anak doyan minum susu pertumbuhan ketika berusia 3-5 tahun atau balita. Tapi apa daya. Selalu saja ada anak yang menolak saat dikasih susu pendamping. Mereka maunya main terus. Kalau dipaksa, malah nangis. Bagaimana solusi terbaiknya? Berikut cara membujuk anak agar ia mau minum susu.

Cara Agar Balita Mau Minum Susu Pertumbuhan

1. Sering-Sering Ciptakan Kebersamaan

Dari kebersamaan, akan timbul rasa kasih sayang. Antara anak dan ibu, akan muncul perasaan untuk saling melengkapi. Sebab, sebuah keluarga itu ibarat puzzle yang masing-masing bagiannya tak boleh dipisahkan. Semakin kuat hubungan keluarga, semakin bagus kualitasnya. Cara ini sangat efektif untuk membuat anak jadi suka dengan susu yang Anda kasih.

Masalah utamanya bukan susu, tapi Anda, sebagai orang tua sekaligus teman hidup si kecil. Selama si kecil masih balita, ia selalu menjalani hidup dengan “meniru” role model-nya, yakni orang-orang di lingkungan sekitar. Cara menciptakan kebersamaan itu beragam sekali, ya. Salah satunya dengan menjadwalkan diri untuk menatap senja yang keemasan bersama anak.

2. Kasih Anak Pilihan soal Makanan

Biarpun hanya sekali, beri anak pilihan untuk makan atau minum apa yang disukainya. Memang sebaiknya jangan terlalu sering sih. Tujuan utama dari penerapan cara ini agar tercipta hubungan baik antara si kecil dengan Anda. Anak pun merasa lebih diperhatikan oleh orang tua lantaran ketersediaan pilihan tersebut.

Apa dampak positif lain dari penerapan cara ini? Ketika Anda memberi pilihan, sama halnya dengan memberi ia kesempatan untuk belajar memutuskan. Ini yang penting. Sebab, berapa banyak orang dewasa yang tidak pandai dalam memutuskan sesuatu? Padahal, satu keputusan penting bisa berdampak hingga puluhan tahun. Serius. Keterampilan ini harus diasah sejak kecil.

3. Berikan Suasana yang Menyenangkan saat Makan

Susu pertumbuhan itu memang bagus untuk menumbuh-kembangkan anak dari segi fisik maupun mental. Tapi, ada yang lebih penting, yakni faktor kenyamanan saat mengonsumsinya. Kadangkala, si kecil itu suka makan dan minum sambil bermain. Iya, tidak? Sedangkan Anda pada saat yang sama tengah dikejar-kejar soal tugas pekerjaan.

Apa yang biasa terjadi? Si orang tua akhirnya hilang kesabaran. Ia pun marah-marah karena makanan dan minuman si kecil tak kunjung habis. Untuk menyiasatinya, ia merekrut orang lain untuk mengasuh si kecil. Pada momen tersebut, ia sama halnya tengah mengorbankan masa-masa terbaik dalam mendidik anak sejak dini. Tetap sabar, ya.

4. Pahami Kebutuhan Si Kecil

Ada kalanya pula, si kecil enggan makan atau minum susu karena perut masih penuh. Kalau memang begitu, jangan dipaksa. Biarkan perutnya mencerna lebih dahulu. Ada baiknya dalam pemberian makan dan minum, Anda bikin jadwal khusus. Biar tak ada istilah perut masih penuh. Bagaimana pun, perut yang penuh memang cenderung menolak diisi.

Lalu, ada hal lain lagi yang harus dilakukan, yakni soal camilan. Di rumah Anda, apakah banyak camilan atau tidak. Bisa jadi, ia tidak mau minum susu karena perutnya sudah penuh oleh camilan. Maka dari itu, minimalisir kuantitas camilannya, ya. Soalnya, asupan susu yang masuk ke perut itu lebih penting karena terdapat banyak nutrisi unggulan.

5. Bisa Jadi karena Susunya Kurang Enak

Susu yang dari segi aroma dan rasa kurang enak, maka si kecil cenderung menolak. Maka dari itu, pilih susu yang sudah terbukti kualitasnya. Cek profil brand yang memproduksi susu tersebut. Apakah sudah lama berkiprah atau belum. Apakah kualitas gizinya sudah teruji via laboratorium dan memiliki izin edar atau belum.

Perihal memberikan susu pertumbuhan pada anak yang masih balita memang perlu kesabaran ekstra. Sisi baiknya, ketika berhasil melaluinya dengan baik, maka kebijaksanaan dalam diri Anda turut tumbuh. Jadi, pada saat yang sama, si anak tumbuh sehat, sedangkan Anda tumbuh jadi pribadi yang lebih dewasa.

onlineplus

Recent Posts

  • Kesehatan
  • Pendidikan

4 Program Utama Dosen IPB dalam Menjawab Tantangan di Era Disrupsi?

Terpilihnya Arif Satria sebagai rektor IPB pada periode 2017-2022, tentu membawa sinyal baik. Terutama bagi anak-anak muda yang dipersiapkan untuk…

3 weeks ago
  • Elektronik

OPPO A9 2020 Empat Kamera Belakang Yang Canggih

OPPO Indonesia beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan smartphone terbaru nya yaitu OPPO A9 2020 dan juga smartphone Oppo A5…

2 months ago
  • Elektronik

Pentingnya USB Souvenir Promosi untuk Bisnis Anda

Penggunaan souvenir promosi atau merchandise sudah dilakukan bertahun tahun oleh pelaku bisnis baik itu bisnis dalam skala kecil hingga bisnis…

2 months ago
  • Kuliner

Pusat Oleh Oleh Indramayu

Pusat Oleh Oleh Indramayu Apakah anda sudah tau pusat oleh oleh Indramayu terlengkap dan menjual produk buah tangan? Indramayu dengan…

2 months ago
  • Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Menurunkan Berat badan

Manfaat daun kelor diyakini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat daun kelor yang umumnya kita ketahui bersama adalah…

3 months ago
  • Otomotif

Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor - Sebutan asuransi kendaraan bermotor mulai menggema seturut dengan terus menjadi meningginya jumlah alat transportasi serta…

4 months ago